Bye Bye 2018

by - Januari 02, 2019

Pencapaian 2018


Hari pertama di tahun baru ini membuat saya mengevaluasi apa saja yang sudah tercapai di tahun kemarin. Dan hasilnya.., Alhamdulillah beberapa target bisa terpenuhi walaupun ada juga resolusi yang belum sempat tercapai. Beberapa pencapaian saya di tahun 2018 adalah:

1. Menerbitkan buku antologi
Di bulan Desember 2018, dua buah buku antologi saya dan teman-teman di komunitas menulis berhasil terbit. Buku pertama adalah 'The Journey of Writing', berisi 41 kisah inspirasi yang menggambarkan bahwa menulis itu sangat bermanfaat.
Buku antologi pertama
Buku kedua berjudul 'Wonderful Mom', berisi kisah 99 ibu rumah tangga yang menjalani kehidupannya dengan berbagai macam tantangan dalam mengasuh dan mendidik anak.
Buku antologi kedua

2. Menulis kembali di blog
Menulis kembali di blog juga salah satu resolusi saya di tahun lalu. Dan bersyukur bisa berjalan. Bermula dengan ikut di komunitas menulis ODOP (One Day One Post) yang mau tidak mau memaksa saya untuk menulis. Walau akhirnya gagal karena kurang konsisten, hehe.. tapi setidaknya memicu kembali semangat ini untuk menulis. Sampai hari ini pun, masih belajar konsisten biar bisa terus menulis. 

3. Mengikuti perkuliahan online Bunda Sayang
Tahun ini ikut kelas bunda sayang sebagai ikhtiar mencari ilmu untuk mendidik anak. Bulan September kemarin berhasil mendapatkan seat di kelas online Bunda Sayang Sulawesi. Sampai saat ini sementara menjalani kuliah online tersebut.
               

    


4. Bergabung di komunitas gemarrapi
Saya juga bersyukur bisa belajar berbenah ala konmari dan beberes di komunitas Gemar rapi. Karena dengan belajar di kelas Shokyuu kemarin, banyak hal-hal baru yang saya dapatkan. Tahun ini bersiap kembali di kelas selanjutnya agar bisa konsisten menerapkan hidup yang sederhana dan selalu rapi.


5. Menulis di IDNTimes
Berkesempatan menulis disini membuat saya bisa mengasah kemampuan. Meskipun menulis di IDNTimes ini tidak masuk dalam resolusi di tahun lalu, tapi karena ada kesempatan untuk mencoba, kenapa tidak?

Berikut Judul tulisan yang berhasil terbit di IDNTimes :
1. 10 Kebaikan Hakiki Kenapa Membaca Itu Perlu Ditekuni
2. Biar Semua Resolusi 2019 Tercapai Ikuti 5 Langkah Anti Mainstream Ini
3. 5 Tempat Wisata Di Malino Sulawesi Selatan Yang Bikin Kamu Betah
4. 7 Kutipan Ini Akan Membuatmu Tambah Sayang Pada Ibu
5. 5 Alasan Kamu Harus Nonton Film Spiderman Into The Spiderverse
6. Anti Bosan 5 Kegiatan Ini Bisa Dilakukan Bersama Anak Saat Liburan
7. Yakin Deh 10 Kutipan Ini Akan Menambah Semangatmu Di Tahun 2019

Berharap di tahun baru 2019 ini saya bisa konsisten menjalankan hal-hal di atas, agar bisa berbagi dengan terus menulis.



#OWOPPekan1
#OWOPJanuari2019
#RumbelMenulisIPS

You May Also Like

0 komentar