Ada 5 Alasan Yang Bikin Resolusi Menjadi Gagal

by - Januari 02, 2019


gambar : pexels.com

Berada di awal tahun seperti sekarang, tema tentang resolusi selalu jadi trend. Padahal, sebenarnya walaupun bukan di awal tahun kita juga bisa bikin resolusi untuk diri. Tujuannya tentu agar bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. 
Seiring dengan berjalannya waktu terkadang resolusi yang sudah dibuat malah terlupakan. Paling sering sih di pertengahan tahun. Berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain, ada  5 alasan kenapa resolusi yang kita buat malah gagal :

1. Target terlalu tinggi
Membuat resolusi agar memiliki tujuan hidup memang bagus. Asal tujuan yang ingin dicapai itu masih dalam tahap yang wajar. Jangan sampai target melebihi batas kemampuan kita. Karena kalau target terlalu tinggi, susah juga untuk mengejarnya. Jadi, resolusi yang bagus itu adalah yang realistis.    

2. Kurang berkomitmen dalam mengerjakan planning yang sudah dibuat
Tujuan sudah oke, tapi masih selalu menunda untuk menjalankannya. Itu berarti komitmen masih kurang kuat. Kalau memang ingin menjadi lebih baik dari kemarin-kemarin, saatnya membulatkan tekad agar apa yang kita inginkan bisa terwujud.

3. Menjadi tidak fokus terhadap tujuan
Banyak aktivitas dan banyak target bisa bikin kita  tidak fokus. Jadi, sebaiknya melakukan sesuatu itu harus fokus dan tidak banyak menoleh dan melirik yang lain.

4. Tidak konsisten dengan apa yang sudah dijadwalkan
Konsisten adalah salah satu kunci sukses. Dalam membangun konsistensi pada awalnya akan terasa berat. Tapi kalaukita terus berusaha, semua akan terasa mudah. Seperti kata pepatah, ala bisa karena biasa.

5. Kesulitan dalam membagi waktu
Membagi waktu antara pekerjaan dan hobi itu penting, agar kita bisa belajar manajemen waktu dan jadi lebih produktif. Karena dengan manajemen waktu, kita lebih mudah memilih hal-hal yang urgent atau tidak. 

You May Also Like

15 komentar

  1. setuju banget sama yang paling terakhir, sulit membagi waktu, kadang time management-nya kurang oke makanya resolusinya gak dapet-dapet hehehe.

    BalasHapus
  2. atur waktu! susahnya buat disiplin atur waktu

    BalasHapus
  3. Saya sering terkendala di masalah fokus. Seringnya merasa sanggup melakukan segalanya namun ujungnya malah gak ada yang sesuai dengan target.

    BalasHapus
  4. Bener banget mba, kalau target terlalu tinggi dan banyak.. alhasil susah bagi waktunya ya. Dan buat saya sih konsisten menjalankan usaha yang paling berat.

    BalasHapus
  5. Kesulitan bagi waktu, itu aku banget mbak. curi-curi waktu untuk nuis di sepertiga malam terakhir, alhamdulillah bisa dilaksanakan dengan baik. Paling sennag weekend, banyak waktu untuk mewujudkan resolusi, semoga resolusi tahun 2019 tercapai semua yah. Semangat

    BalasHapus
  6. Setuju bangget,, saya masih kesulitan bagi waktu. Masih menata plan work supaya target tercapai 😇

    BalasHapus
  7. Setuju bangget,, saya masih kesulitan bagi waktu. Masih menata plan work supaya target tercapai 😇

    BalasHapus
  8. Yg paling sering no 2. Kurang konsisten mengikuti target yg dibuat 😅

    BalasHapus
  9. Membagi waktu itu PR banget dalam menjalani resolusi demi mencapai target. Kerasa banget keteterannya

    BalasHapus
  10. nomor 4 dan 5 pr saya banget hiks... resolusi banyak tapi ya itu dari segi waktu

    BalasHapus
  11. Bikin resolusi itu mudah mewujudkannya itu perlu perjuangan

    BalasHapus
  12. Setujuuu...kadang meski target gak tinggi tp lebih disebabkn krn tidak konsisten. Sy biasax gitu tp smg thn bru bs lbh semngat dan fokus...

    BalasHapus
  13. Benar, ya, kadang kesulitan bagi Waktu dengan aktivitas yang padat bikin gagal resolusi

    BalasHapus
  14. Sampai selesai membaca artikel ini mbak, saya menyadari kalau setiap resolusi yang saya buat dari tahun ke tahun tidak pernah berhasil direalisasikan. Seringnya karena kurang komitmen dan kurang konsisten. Hiks..

    BalasHapus