Task 9 - Berbenah Dapur

by - September 18, 2018


Alhamdulillah kelas shokyuu sudah berada ditask 9. Dimana kali ini yang akan dibenahi adalah area dapur. Salah satu ideal lifestyle saya adalah dapur yang bersih, nyaman dan setiap peralatan dapur punya 'rumah' masing-masing, sehingga tidak tercecer jika sudah digunakan.

Harapan saya setelah berbenah di area dapur adalah ketika saya sudah memasak dan beraktivitas di dapur, saya bisa mengembalikan peralatan ke tempatnya semula sehingga kembali rapi dan bersih. Bisa konsisten menerapkan Konmari di area dapur.

Dapur ini merupakan salah satu tempat favorit saya di rumah. Walaupun saya  masaknya suka yang simpel dan gampang, dapur tetap jadi tempat yang nyaman. Karena di sana saya bisa berkreasi membuat kue-kue kesukaan anak-anak dan suami. Yup, saya tidak terlalu suka cooking, tapi saya hobi baking.

Ini foto sebelum berbenah



Saat decluttering, memilah-milah yang sering digunakan dan menyingkirkan yang tidak pernah dipakai. Menyortir peralatan dapur yang spark joy.


Setelah menyelesaikan berbenah dapur dengan cara menyicil sedikit demi sedikit karena anak juga beberapa hari ini rewel, akhirnya Alhamdulillah bisa selesai.. Beginilah hasilnya.
Aneka koleksi loyang dan cetakan kue
Karena saya suka baking, jadi tantangannya adalah menyimpan loyang yang agak besar sehingga memakan tempat yang banyak. Seperti loyang pizza dan loyang cake. Untung dalam metode Konmari penyimpanannya bisa dengan ditumpuk, sehingga bisa menghemat tempat.

Lemari piring
Sebenarnya penyimpanan piring dalam metode Konmari adalah dengan cara ditumpuk. Tapi karena belum ada kitchen set dan lemari khusus, jadinya memanfaatkan lemari piring yang ada.

Area masak

Bumbu dapur
Untuk bagian bumbu dapur ini, masih mau ditambahkan lagi beberapa wadah untuk menyimpan gula pasir, tepung tapioka, dan beberapa bumbu lain. 

Area westafel
Di bagian westafel tantangannya adalah penyimpanan setelah mencuci piring dan peralatan lain yang kotor. Jadi, sebagai penyimpanan sementara, pakai rak piring plastik. Setelah piring dan lainnya kering, baru dipindahkan ke tempatnya masing-masing.


#gemar #rapi #sukarapi #gemarrapi
#komunitasgemarrapi
#menatadirimenatanegeri
#shokyuuclass
#shokyuuB2Task9
#semangatrapi

You May Also Like

0 komentar