Task 7 - Berbenah Kertas

by - September 03, 2018


Setelah berbenah buku di minggu lalu, kali ini yang dibereskan adalah kertas. Saya ini termasuk penimbun kertas, khususnya brosur dan struk. Mulai dari struk belanjaan hingga struk dari resi transaksi di atm.  Ada juga sih beberapa surat yang sebenarnya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Ini foto sebelum memilih kertas yang masih dibutuhkan.



Ini foto kertas-kertas yang mau dibuang.


Kebanyakan struk dan brosur nih..
Kalau berdasarkan materi di kelas shokyuu, struk ini termasuk barang yang harus didiscard, karena jika limit waktu penyimpanan struk sudah habis, maka akan jadi sampah. Jadi, boleh disimpan dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu bulan.

Ini  folder tempat dokumen penting. Mulai dari ijazah, kartu keluarga, akte kelahiran, sertifikat, dan dokumen lainnya yang masih dibutuhkan.


Dalam bukunya yang berjudul the Life-changing magic of tidying up, Marie Kondo mengatakan prinsipnya dalam menyortir kertas adalah membuang semuanya. Karena menurutnya, bagaimanapun, kertas takkan pernah membangkitkan kegembiraan. Oleh karena itu, ia merekomendasikan agar membuang apa saja, yang tidak termasuk dalam tiga kategori. Apa ketiga kategori tersebut? Pertama masih dipakai, kedua diperlukan selama kurun waktu tertentu, dan ketiga harus disimpan dalam waktu yang tak terbatas. 

Marie Kondo juga merekomendasikan untuk menyimpan semua kertas hanya di satu tempat. Jangan dibiarkan kertas-kertas bertebaran di area lain dalam rumah. Dan menyimpan semua kertas yang berkategori yang sama dalam satu map. 

Jadi kalau menurut saya, jika ingin menyimpan kertas bagusnya dipikirkan dulu apakah kertas tersebut berguna atau tidak. Karena nantinya akan bertumpuk dan jadi sampah tanpa disadari. 


#konmariindonesia
#komunitaskonmariindonesia
#shokyuuclass
#menatadirimenatanegeri
#shokyuuB2Task7
#sparkjoy
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

You May Also Like

2 komentar

  1. Asyik..
    Belajar konmari ya mb?
    Saya belum bisa kalo dokumen.. Baru baju anak aja nih yg mendekati konmari.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, lagi ikut kelas konmari.. minggu ini waktunya berbenah kertas.. hehe.. :)

      Hapus