Semut yang Bersyukur #Berkisah_Day7

by - September 30, 2018


“Ma.., ada semut di pohon itu..” teriak Naila sambil menunjuk pohon yang ada di belakang rumah.
“Iya.. gapapa, semutnya lagi cari makan,” jawab mama saat menemani Naila melihat semut yang ada di pohon.
“Mama jadi ingat cerita tentang semut dan nabi Sulaiman,”
“Naila mau dengar kisahnya?” tanya mama
“Mau ma..,” jawab Naila bersemangat.
Nabi Sulaiman AS mendapat mukjizat dari Allah SWT dapat berbicara dengan binatang. Hingga suatu hari Nabi Sulaiman melakukan perjalanan bersama pasukannya. Di tengah perjalanan, ketika mereka melewati suatu lembah yang terdapat sangat banyak sarang semut.
Melihat banyak pasukan yang dibawa oleh Nabi Sulaiman, semut-semut itupun ketakutan. Lalu salah satu dari mereka, yang merupakan pemimpin dari para semut menyuruh yang lainnya masuk ke dalam sarang agar tidak diinjak oleh pasukan Nabi Sulaiman.
Nabi Sulaiman yang mengerti bahasa binatang, dari kejauhan mampu mendengar dan memahami ketakutan dari para semut. Beliau pun tersenyum dan bersyukur kepada Allah SWT atas kemampuannya dalam mengetahui bahasa binatang tersebut. Maka Nabi Sulaiman menyuruh pasukannya untuk berhenti sejenak agar semua semut masuk ke dalam sarangnya. 
Setelah beberapa saat berhenti, rombongannya pun kembali meneruskan perjalanan. Ketika melintasi lembah semut itu, Nabi Sulaiman dan rombongannya itu mendapatkpujian dari Raja Semut. Kaum semut bersyukur karena sarangnya tidak rusak oleh rombongan Nabi Sulaiman. 

Kisah ini disebutkan oleh Allah dalam Alquran surat An Naml ayat 18-19.
"Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”(An-Naml : 18)
Nabi Sulaiman as tersenyum mendengar perkataan semut dan diiringi dengan tawa. Lalu Beliau berdoa sebagaimana ditulis dalam ayat selanjutnya.
“Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh“. (QS. An-Naml : 19)


#Day7
#BundaBerkisah
#PejuangLiterasi
#onedayonepost
#odopbatch6

You May Also Like

0 komentar