Day 8 - Tantangan Komunikasi Produktif

by - September 13, 2018


Seperti biasa, anak-anak selalu menanyakan ayah mereka jika adzan Maghrib sudah lewat dan belum melihatnya berada di rumah. Khusus hari ini, si sulung sangat menanti ayahnya pulang karena ingin berbagi cerita tentang pertandingan sepakbola favoritnya yang bermain seri. 
Tapi tidak perlu menunggu lama, tiba-tiba pintu pagar berbunyi. Dan anak-anak pun berhamburan keluar rumah menyambut ayah mereka datang.
“Yeeeaaayyy…. datang mi ayah,” teriak si tengah sambil berlari menuju pintu depan. Lalu disusul si bungsi kemudian si sulung.
Anak-anak memang paling suka kalau diberi sesuatu jika ayah mereka pulang. Kali ini ayah membagikan dua buah roti, buat kakak Kei yang rasa coklat dan kakak Naila dapat roti rasa keju. Adek Fei karena masih kecil, belum mampu menghabiskan satu roti ukuran bakery, jadi menunggu diberikan sepotong saja dari kakak-kakaknya.. hihi..
“Ma.., kakak Kei toh na minta roti ta baru adaji rotinya,” kata si tengah, Naila.
“Ndak apa-apa nak, kasih mi sepotong kakak.. nanti juga kakak kalau dibuka rotinya na kasihki sepotong.., kakak toh?” sambil menghibur Naila, saya mencoba bertanya ke kakak Kei.
“Ndak mau deh..,” di luar dugaan ternyata Kei menolak rotinya dibagi.
“Ndak mau ja juga kasihki deh..” Naila mulai menunjukkan wajah tidak senangnya.
“Saya mau bawa besok ke sekolah rotiku,” kata kakak Kei.
Kalau sudah terjadi debat begini antara kakak beradik, biasanya saya reflex berbicara dengan nada tinggi agar mereka berhenti berdebat. Dan begitu lah yang terjadi  ba’da mahgrib tadi.
Dengan spontan saya berkata, ”Kan semua ada rotinya, jadi makan saja roti masing-masing.. kalau untuk adek Fei siapa saja yang mau, kasi kan mi adek,” di saat yang bersamaan, adek Fei sudah merengek juga minta roti ke kakaknya.
Huufft, begini kalau emak-emak sudah bingung kalau anak bertengkar. Untung ada suami yang menengahi anak-anak. Sehingga akhirnya Naila membagi rotinya ke adek dan kakaknya, begitu juga kakaknya membagi sebagian rotinya buat kedua adiknya. Yes, kerjasama dengan pasangan juga perlu untuk membangun komunikasi produktif dengan anak.   


#hari8
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6


You May Also Like

0 komentar