Day 7 - Tantangan Komunikasi Produktif

by - September 12, 2018


Sore tadi saya dibuat kaget dengan air yang berada di kamar mandi jadi penuh sabun. Setelah melihat botol sabun mandi, ternyata isinya sudah hamper habis. Isinya sudah kurang dari setengah botol, padahal sabunnya baru beli dua hari yang lalu.
Tapi walau air di ember tampak keruh, tapi lantai dan dinding kamar mandi terlihat bersih, kinclong dan wangi. Hmm, sepertinya ada yang sudah membersihkan kamar mandi nih. Karena yang terakhir memakai kamar mandi adalah si sulung, kemungkinan dia yang membersihkan kamar mandi.
“Kakak Kei.. tadi kita yang bersihkan kamar mandi nak?” tanya saya ke anak laki-laki yang berumur 7 tahun ini.
“Iye ma..,” jawabnya singkat.
“Masya Allah.., terimakasih sudah bantu mama membersihkan kamar mandi anakku sayang,” sambil memeluk dan mencium keningnya. Ibu siapa yang tidak senang kalau anak-anak mau berinisiatif sendiri membantu pekerjaan rumah. Sambil menatap matanya, saya lalu berkata lagi,
“Nak.., lain kali kalau bersihkan kamar mandi jangan pakai sabun mandinya adek ya.. pakai ki sabun yang di botol yang itu..,” sambil menunjuk botol pembersih.
Tantangan komunikasi produktif hari ini dengan memberikan pujian dan kritikan yang jelas ke anak.
Dalam kaidah komunikasi produktif dikatakan bahwa kita harus memberikan pujian dan kritikan dengan menyebutkan perbuatan/sikap apa saja yang perlu dipuji dan yang perlu dikritik. Bukan hanya sekadar memberikan kata pujian dan asal kritik saja. Sehingga kita mengkritik sikap/perbuatannya, bukan mengkritim pribadi anak tersebut.


#hari7
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional


You May Also Like

0 komentar