Day 17 - Tantangan Komunikasi Produktif

by - September 22, 2018


Hari Minggu besok sekolah kakak mengadakan seminar parenting. Saya bersama si bungsu rencananya mau datang ke seminar. Tapi, karena kakak di hari Minggu besok juga mau survey sekolah sepakbola, jadi kami berbagi tugas.
“Ayah, besok jadi ki pergi sama anak-anak cari sekolah sepakbola?” tanya saya ke suami untuk memastikan.”
“Iye, nanti saya bawa Kei dan Naila,” jawab ayah singkat.
“Kita tidak mau ikut seminarnya?” saya bertanya lagi.
“Jam berapa mulai seminarnya?” si suami bertanya balik.
“Jam 8 sampai jam 12. Mudah-mudahan si adek anteng ji, supaya bisa sampai selesai ikuti seminarnya,” saya pun menjawab dengan panjang lebar.. hehe..
“Saya temani mi saja anak-anak,” kata si ayah, singkat. Para lelaki memang sepertinya suka menjawab dengan singkat seperti ini. Ya sudahlah, karena semuanya sudah jelas, saya ke seminar dan ayah membersamai si sulung dan si tengah. Oke.. mumpung ayah libur, tidak ada salahnya menemani anak-anak jalan sementara mamanya belajar.
Di hari ke 17 ini, saya menulis tentang komunikasi dengan suami. Berdasarkan materi komprod (komunikasi produktif), kali ini saya mempraktekkan kaidah 2C, yaitu Clear dan Clarify, sehingga semua jelas. Kalau dalam kaidah ini, informasi yang kita sampaikan ke pasangan harus jelas dan kalimatnya nyaman sehingga mudah dipahami (clear). Dan memberikan kesempatan ke si penerima informasi untuk bertanya dan mengklarifikasi untuk hal-hal yang belum dipahami dari informasi yang kita berikan.


#hari17
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6


You May Also Like

0 komentar