Day 11 - Tantangan Komunikasi Produktif

by - September 16, 2018


Pekan ini adalah jadwal berbenah dapur di kelas konmari.  Jadi sejak pagi tadi saya mulai beres-beres di area dapur. Mulai dari membongkar isi lemari piring, membenahi isi kulkas, sampai membersihkan area dapur.
Mungkin karena melihat mamanya lagi sibuk, anak-anak mendekat dan mencoba membantu seadanya. Melihat saya membersihkan dapur, si sulung lalu bilang ke saya 
“Ma.., saya pi yang kasi sabun ini,” katanya sambil menunjuk area mini bar.
“Boleh.., pakai spons yang ini nak,” jawab saya sembari menyodorkan spons ke Kei. 
“Sponsnya di kasih sabun ya nak..,” kata saya kemudian. Berdasarkan materi Komunikasi Produkti saya mempraktekkan cara KISS (Keep Information Short dan Simple). Setelah itu saya memberikan instruksi lagi.
“Sabunnya dikasih air nak..” tambah saya. 
Hari ini saya kembali belajar dari praktek komunikasi produktif bahwa dengan informasi sederhana dan pendek, anak jadi mudah mengerti apa yang kita katakan.  Sehingga mereka pun tidak kebingungan dalam mencerna informasi tersebut
Kemudian karena melihat kakaknya mulai mengambil spons dan mulai beraksi, si tengah jadi pengin juga ikut membantu.
“Ma, saya juga mau bersihkan itu.. seperti kakak,” kata Naila sambil menunjuk Kei yang mulai melap meja.
“Saya ambilkan ki dulu di' nak,” saya kemudian memberikan spons juga ke Naila. Eh, tidak berapa lama kemudian si bungsu yang masih berusia 2 tahun ikut juga minta spons. Mau ikut kakaknya membersihkan juga, MasyaAllah… 
Ternyata benar apa yang pernah saya baca, bahwa dalam mendidik anak perhatikan dan dan didik sebaik mungkin anak pertama karena dia akan menjadi contoh bagi adik-adiknya. Adalah tugas kita sebagai orangtua untuk mendidik anak-anak dengan baik.
“Terimakasih kakak Kei dan kakak Naila.. sudah bantu mama bersihkan dapur,” kata saya ke anak-anak setelah mereka selesai membersihkan meja mini bar dapur.
Kali ini saya menerapkan komunikasi produktif yang lain yaitu memberikan pujian dengan jelas. Walau tantangan 10 hari telah selesai, tapi saya berusaha tetap mempraktekkan metode-metode dalam berkomunikasi produktif agar terbiasa melakukannya pada anak dan pada pasangan. Seperti kata John C. Maxwell bahwa “Latihan bukan untuk menyempurnakan, tapi untuk menjadikannya permanen”.

#hari11
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

You May Also Like

0 komentar