Day 10 - Tantangan Komunikasi Produktif

by - September 15, 2018


Hari Sabtu waktunya untuk family time, setelah mandi pagi anak-anak bersiap untuk keluar. Kali ini tujuannya cuma ke salah satu toko kue yang  memiliki konsep café, nyaman untuk ngobrol dan tentu saja sambil ngemil kue.
Sampai di tempat tujuan kakak Kei dan kakak Naila berlarian dan berebutan masuk, lalu adek juga menyusul dengan setengah berlari.  Setelah mendapatkan meja, masing-masing memilih snack dan minuman sesuai selera.
“Ayah, hari senin kita kasi tau ustadz ya..” kata Kei ke ayahnya yang duduk di sampingnya.
“Iya, Inshaa Allah hari senin ayah bicara sama ustadz ta,” jawab ayah.
“Tidak mau ma ikut futsal, mau ganti yang lain,” ujar Kei lagi. Kemarin malam kakak Kei memang sudah mengatakan pada kami (saya dan suami) kalau dia mau mengganti kegiatan ekstrakurikulernya. Saat ini dia mengikuti ekskul tahfiz dan futsal. Tapi, beberapa hari belakangan meminta untuk mengganti ekskul futsal dengan ekskul lain. Di sekolah Kei memang ada beberapa pilihan untuk kegiatan anak-anak di setiap hari Jum’at. 

“Jadi kita mau ikut ekskul apa?” tanya saya.
“Ikut English club,” jawabnya singkat.
“Oke.., nanti ayah kasih tau dulu wali kelas ta” kata saya lagi.
“Iya ma.., di futsal bosan ka. Karena mainnya sama kelas lain, terus sama kakak kelas juga, lebih besar badannya.. nassami selalu ki kalah,” Kei mulai mengemukakan alasannya tanpa saya tanya.
“Iya, memang begitu kalau main bola nak, lawan ta tidak mesti sama besar ta.. kadang lawan lebih besar, ada juga lawan yang lebih kecil,” kata ayah sambil memegang rambut kakak.
“English club saja ayah, karena saya juga mau bisa bahasa inggris,” balas Kei.
“Iya terserah kita nak, yang penting kita suka” saya juga ikut memberi saran.

Di hari kesepuluh tantangan komunikasi produktif, Alhamdulillah anak berani mengatakan keinginannya, Masha Allah.. Sehingga bisa berdiskusi dengan santai tentang apa yang diinginkannya. Semoga hingga dewasa kelak dia juga selalu terbuka pada kami orangtuanya dan selalu mengatakan apa keinginannya, sehingga kami bisa menuntunnya mencapai impiannya. 

#hari10
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6

You May Also Like

0 komentar