Task 3 Shokyuu Class - Persiapan Festival Berbenah

by - Agustus 06, 2018

Setelah mengerjakan task 1 dan task 2, kali ini masuk ke task 3 yang merupakan task akhir dari materi teori di kelas shokyuu ini.


Di task 3 ini membahas bagaimana persiapan yang dilakukan dalam menyambut 'Tidying Festival" di Minggu selanjutnya. Tidying Festival atau festival berbenah merupakan salah satu istilah dalam Konmari yang maknanya adalah proses berbenah secara besar-besaran dan sampai tuntas dalam suatu periode waktu, layaknya sebuah festival. 

Saya pribadi sedikit demi sedikit sudah mempersiapkan beberapa hal sebelum menyambut festival berbenah nanti. Diantaranya yaitu : 

1. Berdoa dan mempersiapkan mental.
Berdoa semoga bisa melakukan pembenahan yang tuntas sehingga visualisasi hidup ideal seperti yang ada pada task 1 dan 2 lalu bisa tercapai. Selain itu, menyiapkan mental agar bisa menyelesaikannya sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan. Dan satu lagi, menyiapkan mental juga agar tidak stress nantinya melihat barang yang tertumpuk saat proses decluttering.

2.  Sounding ke suami mengenai materi Konmari agar bisa se 'frekuensi'. Dan memberi tahu bahwa akan ada festival besar-besaran di minggu depan. Sehingga suami paham dan berharap bisa bekerja sama dalam proses menyortir barang-barang.

3. Membaca ulang dan meresume kembali materi-materi Konmari sebelumnya. Agar mindset bisa tertanam kuat.

4. Saat ini suka nonton YouTube dan stalking di Instagram @konmariindonesia untuk memperkuat mindset dan mencari model yang pas yang bisa dilakukan untuk menerapkan konsep Konmari nantinya.

5. Menyelesaikan membaca buku Konmari. Agar lebih semangat menyambut tidying festival yang sebentar lagi akan dimulai.


6. Mulai mencari kardus-kardus bekas dan mengumpulkan keranjang atau kontainer yang ada di rumah, sebagai tempat penyimpanan sementara saat proses decluttering nanti. Untuk tempat yang pastinya, nanti akan dipikirkan setelah semua item sudah tuntas melewati tahap sortir.

7. Mencari informasi untuk barang-barang yang tidak spark joy, nantinya akan dikemanakan. Jika ada yang mau didonasikan, akan didonasikan kemana. Untuk ini, Alhamdulillah.. Sudah mendapatkan beberapa informasi tempat mendonasikan barang bekas yang ada di Makassar. Sehingga nantinya tidak bingung lagi dan bisa segera melakukan pembenahan secara tuntas.

Wah.. setelah dilist, ternyata banyak juga ya persiapan menyambut festival berbenah nanti.  Rasanya deg-degan euy.. karena ini adalah tahap awal saya dalam memulai hidup minimalis. Semoga nantinya bisa istiqamah dan berjalan sesuai rencana.. Aamiin. Bismillahirrahmanirrahim.. 😉



#konmariindonesia
#komunitaskonmariindonesia
#menatadirimenatanegeri
#shokyuuclass
#shokyuuB3Task3
#sparkjoy



You May Also Like

0 komentar