Task 2 - Masuk Satu Barang, Keluar Satu Barang

by - Agustus 01, 2018


Setelah pada task 1 lalu mulai membangun mindset untuk berbenah secara tuntas, maka di task 2 ini adalah beberapa hal yang saya usahakan agar bisa konsisten dalam menjaga mindset.

Bismillah.. yang pertama adalah meluruskan niat. Memahami kembali bahwa hidup secara sederhana akan lebih bermanfaat dan membuat bahagia. Bahagia karena tidak sumpek melihat banyak barang yang ada di rumah. Dan juga bahagia karena menggunakan barang yang seperlunya saja. Biar lemari gak penuh sesak. 

Kedua, terus menanamkan pada diri bahwa semua barang yang kita miliki kelak akan ada hisabnya di hari kemudian. Karena itu akan mulai menerapkan satu barang masuk, satu barang keluar. Jika membeli satu barang, misalnya gamis maka akan ada ada satu gamis yang akan disumbangkan.

Selanjutnya membuat jadwal agar bisa mulai berbenah. Berbenah secara tuntas, fokus memilih barang yang spark joy (yang akan disimpan). Dan mengucapkan terimakasih pada barang yang tidak spark joy pada saat membuangnya. Ini sebagai bentuk penghargaan karena pernah menjadi barang yang telah membantu dan pernah memberikan kebahagiaan. 

Yang juga paling penting adalah semua barang yang ada di dalam rumah harus memiliki tempat tersendiri. Istilahnya barang-barang tersebut harus memiliki rumahnya masing-masing. Sehingga mudah menemukan barang yang kita butuhkan. Dan penting juga agar menyimpan kembali barang yang sudah dipakai ke tempatnya semula. 

Hambatan dalam merealisasikan 'Ideal Lifestyle' menurut saya adalah :
1. Kelemahan saya adalah kurang konsisten dalam mematuhi jadwal. Untuk itu saat ini sambil membangun dan memperkuat mind set, saya pun mulai berusaha konsisten dalam berbenah.
2. Anak masih kecil sehingga rumah akan sering berantakan dengan mainan yang terhambat di mana-mana. Untuk ini perlu untuk melatih dan memberikan contoh ke anak-anak agar membereskan kembali mainan ketika selesai bermain  dan mengembalikannya lagi ke tempat semula.

Sebelum ikut kelas shokyuu batch 2 ini, saya sudah mulai melipat baju anak-anak ala konmari, yaitu dengan lipatan berdiri, sehingga lemari anak jadi lebih rapi dan rapinya bisa bertahan lama. Ini berbekal dari baca buku dan lihat di youtube cara melipat bajunya. Tapi saat itu saya belum menerapkan memilih barang yang spark joy. Sehingga timeline berbenah saya ini akan mengikuti jadwal dari kelas shokyuu batch 2 ini.


#konmariindonesia
#komunitaskonmariindonesia
#menatadirimenatanegeri
#shokyuuclass
#shokyuuB2Task2
#sparkjoy

You May Also Like

0 komentar