Bawa Benda Ini Saat Berkemah Bersama Anak

by - November 05, 2017


Bagi saya berkemah merupakan salah satu kegiatan yang seru dilakukan bersama anak untuk mengisi liburan. Dan salah satu persiapannya yakni perlu membawa barang-barang yang benar-benar penting agar kegiatan berkemah jadi lebih menyenangkan.

Berikut daftar benda wajib yang kemarin kami bawa saat berkemah bersama anak-anak:
  1. Jaket/sweater, Udara di alam yang terbuka saat malam hari sangat dingin. Jadi pastikan untuk membawa jaket atau sweater biar tetap hangat.
  2. Sleeping bag, Biar tidur bisa tetap nyenyak dan mengatasi udara dingin saat tidur. Kemarin kami tidak membawa ini dari rumah, karena sudah di sediakan di tempat camping.
  3. Selimut, agar tetap hangat saat tidur. Ada beberapa anak yang gak nyaman tidur memakai sleeping bag, sehingga untuk tetap hangat bisa menggunakan selimut.
  4. Kotak P3K dan obat-obatan, penting untuk membawa obat seperti pereda nyeri, minyak angin, dan pembersih tangan. Karena kadang dalam berkemah tiba-tiba merasa sakit kepala atau lainnya. Jangan lupa juga bawa perban, obat antiseptik, plester yang biasanya ada dalam kotak P3K. Ini berguna sebagai pertolongan pertama saat anak terjatuh karena berlarian di arena perkemahan. 
  5. Air Minum, karena saat berkemah aktivitas cukup banyak, bawa air minum supaya tidak dehidrasi. 
  6. Camilan, anak-anak bakalan senang kalau membawa makanan kesukaan saat berkemah. Tapi makanannya jangan makanan berat, yang simple saja seperti biskuit, snack, atau roti.
  7. Baju ganti, Gak usah banyak-banyak bawa baju ganti, cukup 2 atau 3 pasang saja. Kalau bawa banyak, nanti malah kerepotan membawanya.
  8. Kaos kaki, Ini juga fungsinya biar bisa tetap hangat dan menghindari kedinginan.
  9. Mukenah, bagi yang muslim jangan lupa bawa mukenah yang bahannya ringan seperti melemah bahan parasut atau chiffon.
  10. Perlengkapan mandi, seperti sabun, sikat gigi, dan pasta gigi.
  11. Popok, buat yang bawa balita ini penting banget. 
  12. Sandal yang nyaman, arena berkemah biasanya banyak bebatuan. Jadi bawalah sendal yang nyaman digunakan.
  13. Bawa benda kesayangan, seperti boneka, mainan, atau buku. Anak-anak biasanya suka sekali bepergian membawa benda kesayangan mereka. Jadi gak ada salahnya membawa benda ini agar mereka tidak merasa bosan. 
  14. Handphone, kalau yang ini sih mau ke mana aja pasti jadi barang wajib banget. Selain bisa dipakai sebagai alat komunikasi, juga bisa buat selfie dan mengabadikan moment kegiatan anak-anak.
  15. Senter atau lampu kecil, untuk membantu penerangan di malam hari.
  16. Kantong plastik, untuk membungkus pakaian ganti atau pakaian basah. Juga berfungsi sebagai tempat sampah. Di area kemah jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan. Jadi sampahnya bisa dimasukkan dulu ke dalam plastik jika belum menemukan tempat sampah.
Nah, itu beberapa benda wajib yang kemarin kami bawa. Saya menyiapkan benda-benda ini sehari sebelumnya biar gak lupa, soalnya ini pertama kalinya kemah bersama anak-anak. Oya, untuk aksesoris seperti kacamata, topi, kupluk, dan lainnya saya gak masukkan ke daftar benda wajib ya.. karena kalau kelupaan, pengaruhnya gak begitu besar kok. Dan daftar di atas masih bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai kondisi keluarga masing-masing saja. 
Jadi, buat yang mau camping, list dulu mau bawa apa, biar gak lupa barang bawaannya ya.. Selamat berkemah.

You May Also Like

0 komentar