Menulis di Bulan Ramadhan

by - Mei 13, 2017

Ramadhan yang dirindukan akan kembali menghampiri. Setiap Ramadhan bagi saya punya cerita tersendiri. Tahun lalu bulan penuh berkah ini dilalui dengan hamil anak ketiga. Walau pun merasakan ngidam yang lebih parah dibanding anak sebelumnya, tapi Alhamdulillah masih bisa ikut berpuasa.
Tahun ini cerita Ramadhan akan diisi dengan aktivitas baru, yaitu mulai lagi membiasakan diri menulis. Sebagai ibu rumah tangga dengan anak tiga yang masih kecil-kecil, pembagian waktu untuk aktivitas menulis dan kegiatan lainnya tentu sangat penting. Karena itu, ada beberapa waktu yang saya rasa cocok nih untuk menulis, kapankah waktu tersebut?
1.     Setelah sahur, sambil menunggu adzan Subuh kita bisa memanfaatkannya dengan menulis. Daripada tidur kembali setelah sahur, lebih baik menulis aja. Kalau otak bekerja, biasanya rasa mengantuk setelah makan sahur akan hilang.
2.    Sebelum berbuka puasa. Biasanya kalau ibu rumah tangga, sore hari adalah waktu yang cukup sibuk untuk menyiapkan menu buka puasa bagi keluarga. Namun jika aktivitas setelah itu selesai, bisa lah menyempatkan diri untuk membuka laptop dan mulai mengetik..
3.    Sebelum sahur. Waktu sebelum sahur adalah waktu yang paling pas nih. Setelah shalat tahajjud bolehlah menulis dulu sebelum menyiapkan makan sahur. Tapi kalau keasyikan menulis disini, bisa-bisa gak terasa imsak deh.. jadi, perlu diset waktunya. Mungkin sekitar 30 menit sampai 1 jam aja.
Membiasakan diri menulis itu penting, karena dari segi kesehatan menulis bisa sebagai terapi bagi jiwa. Ketika merasa sedih, menulis bisa membantu mengurangi kesedihan kita.
Itulah salah satu alasan yang membuat saya ingin menulis. Dengan menulis berarti kita bisa berbagi informasi kapada orang lain. Dengan memberikan informasi ke oranglain, tentu mereka akan terbantu sehingga tulisan kita dapat bermanfaat bagi orang lain. Sungguh, banyak alasan yang bisa membuat kita termotivasi untuk menulis. Alasan lainnya lagi yang membuat saya ingin menulis adalah semoga apa yang bisa saya tuliskan dapat bermanfaat bagi orang banyak sehingga bisa menjadi amal jariyah buat saya nanti.

Kalau versi coach Tendi Murti, beberapa alasan kenapa harus menulis adalah :
1. Menulis sedang membagi ilmu dgn orang lain.
2. Sedang meninggalkan jejak untuk orang yang kita cintai.
3. Menulis menjadikan hidup lebih semangat
4. Menulis itu menghimpun pahala.
5. Membuat lebih percaya diri
6. Menulis dapat menyembuhkan dan menghambat penyakit
7. Menuangkan ide yang unik
8. Nemperbaiki keadaan
9. Menulis berarti sedang belajar
10. Membuat kita lebuh kreatif
11. Sedang menuangkan impian
Yuk, temukan alasan kenapa kita perlu menulis.. semoga di bulan Ramadhan yang penuh berkah tahun ini bisa membuat kita jadi pribadi yang lebih baik lagi.


You May Also Like

0 komentar