4 Persiapan Sebelum Mpasi

by - Maret 03, 2017


Yes.. saatnya mpasi. Setelah asi eksklusif selama 6 bulan, masa yang dinanti buat baby Fei datang juga. Ini mamanya yang semangat pengen liat si baby mulai makan. Yah, namanya juga  emak-emak, segala hal yang berhubungan dengan anak pastilah mamanya yang paling semangat mempersiapkan ini-itunya.
            Jadi untuk menyambut masa mpasi ini, dari seminggu yang lalu saya sudah mulai membuka kembali buku-buku per-mpasi-an yang yang dulu dibeli saat kakak menjelang mpasi. Mulai membuka kembali group HHBF yang selama ini jarang ditengok, mulai mengumpulkan peralatannya, dan pastinya googling sana-sini.
            Mpasi anak ketiga ini sama rasanya dengan mpasi anak pertama dan kedua dulu. Sama-sama dag dig dug dengan aktifitas ini. Kenapa? Karena khawatir dengan respon bayi dan pastinya pada tahap ini membuat saya belajar kembali. Belajar menyusun menu, belajar membaca respon bayi, dan lain sebagainya. Karena itu ada beberapa persiapan yang saya dilakukan, yaitu :   

1.      Cari Informasi
Sebulan sebelum mpasi mulai cari informasi mengenai pemberian mpasi pada bayi. Mulai dari baca buku, majalah, googling dan belajar kembali di drup HHBF (Homemade Healthy Baby Food). Ini berguna agar kita jadi tau perkembangan dalam dunia per-mpasi-an.

2.      Alat Tempur Mpasi
Yang paling utama adalah piring/mangkuk, sendok dan gelas bayi. Sebaiknya peralatan utama ini dipisahkan dengan peralatan makan orang dewasa dan menggunakan plastik BPA free.
Dalam membuat menu mpasi, biasanya saya cukup menggunakan alat yang ada dapur saja, seperti : talenan, pisau, saringan kawat, parutan keju, panci/dandang dan wajan kecil.

3.      Menu
Menyusun menu bayi untuk 14 hari pertama dengan menu tunggal untuk pemberian 2x sehari, pagi dan sore. Kalau dulu, 5 tahun lalu saat Kei mpasi, panduannya adalah memperkenalkan satu jenis bahan makanan dulu baru pindah ke jenis makanan lain. Tapi sekarang, menurut panduan mpasi-WHO semua jenis bahan makanan dikenalkan sejak usia 6 bulan. Mulai dari karbohidrat, aneka sayuran, aneka protein, kacang-kacangan, buah, dan termasuk sumber lemak tambahan. Nah, disinilah pentingnya mencari informasi sebelum mulai memberikan mpasi ke bayi. 

4.      Mental
Memberikan mpasi ke bayi dibutuhkan kesabaran karena kadang bayi melepeh makanan, atau bahkan memuntahkan makanannya. Belum lagi ada tahap dimana bayi melakukan gerakan tutup mulut (gtm), disini sebagai emaknya tentu kita mesti tahan banting demi untuk terpenuhinya gizi sang bayi.


You May Also Like

0 komentar