Memilih Sekolah Untuk Anak

by - Januari 21, 2017

Sebagai orang tua banyak pertimbangan untuk memilih sekolah buat anaknya. Seperti itu juga yang saya dan suami alami saat ini. Bingung mau dimasukkan di negeri atau swasta? Mau yang sekolah umum atau agama? Masuk SD nya mau di usia 6 tahun atau menunggu usia 7 tahun. Kebingungan inilah yang bikin kami (saya dan suami) mulai hunting sekolah yang kira-kira bisa sesuai dengan keinginan kami.

Walaupun tahun ajaran baru masih beberapa bulan lagi, tidak ada salahnya jika mulai dari sekarang mengumpulkan informasi mengenai sekolah yang kira-kira bisa masuk dalam kriteria yang dianggap cocok buat si kakak.

Ini dia beberapa pertimbangan kami memilih sekolah :

1. Jarak dari rumah

Jarak dari rumah ke sekolah paling jauh 5km. Ini untuk menghindari anak agar tidak letih karena kelamaan sampai di sekolah. Belum lagi karena si kakak punya adek kecil, jadi biar mamanya juga ndak jauh-jauh amat mengantar dan menjemput.

2. Lingkungan Sekolah

Tidak bisa dipungkiri kalau lingkungan punya pengaruh yang besar dalam kehidupan anak. Oleh karenanya sebagai orang tua pastinya pengen memberikan lingkungan yang baik buat perkembangan anak. Apalagi sekolah dasar ini ditempuh selama 6 tahun, tentu secara tidak langsung lingkungan ini berpengaruh dengan sikap anak juga nantinya.
Saya sendiri sebisa mungkin menghindari sekolah yang membiarkan anak jajan di luar sekolah. Kenapa? Karena jajanan yang ada di luar sekolah kita tidak tahu bahan yang digunakan. Entah itu bahan pewarnanya, masa kadaluarsanya, atau jajanannya bisa saja berpotensi mengandung racun dan bahkan narkoba. Selain itu juga menghindari anak terbiasa jajan.

3. Biaya

Nah, ini juga menjadi pertimbangan penting. Maunya sih cari yang murah, lingkungannya bagus dan dekat dari rumah. Haha.. Pertimbangan ini karena dua tahun ke depannya nanti, si adek juga masuk SD jadi mencari yang terjangkau dengan kantong.

4. Aktivitas Sekolah

Ini juga penting loh, agar kita tahu anak-anak di sekolah ngapain aja. Ya tentunya selain belajar kita mesti tahu apa aja kegiatan mereka. Biasanya sekolah memberikan kegiatan ekstrakulikuler buat siswanya. Ada ekskul wajib dan ada ekskul pilihan. Ada juga setelah jam belajar dilanjutkan dengan hafalan surah dan hadist.

Minggu lagi sudah survey ke beberapa sekolah yang yang kira-kira bisa memenuhi kriteria kami memilihkan sekolah buat Kei. Nanti saya juga bakalan posting lagi sekolah yang sudah kami kunjungi.



You May Also Like

0 komentar