Diduga TBC

by - Agustus 17, 2012

Tak ada yang lebih menyedihkan bagi seorang ibu ketika anaknya diduga TBC. Seperti yang dituliskan dokter pada resep obatnya Kei. Memang sih.., berat badannya Kei tetap saja di angka 7,5kg sejak usia 9bln.

Jadi ceritanya begini, karena bb kei yg begitu2 saja sebagai orangtua pastinya ada kekhawatiran tersendiri. Maka dari itu atas rekomendasi dari temannya mamaku, akhirnya Kei kubawa ke dokter ahli gizi anak yg katanya bagus karena sudah terbukti ke beberapa anak. Yah, jadilah Kei kubawa ke sana. Diperiksa, lalu dikasi beberapa obat dan vitamin. Berharap dengan kunjungan yg pertama ini bb nya kei bisa naik.

Ternyata setelah minum obat dan vitamin dari dokter bb nya Kei tetap begitu2 juga. Dokter pun heran, tapi masih diberi obat dan vitamin lagi. Eeehh, lagi2 tetap saja hasilnya sama. Dan jadilah dikunjungan yg ke-3 dokter memberikan rekomendasi untuk di foto rontgen, karena curiga dengan paru2 nya.

Foto rontgen pun Kei jalani, dari hasil foto sy ndak yakin kalau anakku ada gejala flek paru atau tbc. Maka dibawalah hasil foto kembali ke dokter, dokter pun melihat hasil rontgen nya agak ragu, namun tetap menuliskan resep obat tbc Kei… hufffttt.., apa benar anak sy kena tbc?? Secara di sekitarannya Kei kayaknya ndak ada orang yg punya penyakit tbc. Batuk pun Kei baru 2x sejak dari bayi.

Karena om dari ayahnya Kei ada yg dokter, ayahnya memperlihatkan hasil foto ke si kakak (omnya Kei). Kata omnya sih, dari hasil foto, memang tidak terlihat, tapi foto rontgen pun tidak bs dijadikan patokan. Perlu beberapa tes yg harus dilakukan untuk menyatakan positif tbc atau tidak. Tuhh kan…

Maka sy dan ayahnya Kei sepakat tdk memberikan dl obat tbc yg sdh diresepkan. Kami pun juga sepakat untuk mencari second opinion ke dokter anak lain. Dan kami memilih dokter Bob, yg dokter paru anak.

Dari hasil kunjungan tadi malam ke dokter Bob, beliau menyarankan untuk tes mantoux dulu. Apa itu tes mantoux?? Sy pun sementara googling sana-sini mencari info nya. Walau dengan perasaan cemas, Kei mesti ikut tes tersebut biar ketahuan benar atau tidak my son kena tbc. Omg, rasanya tak sanggup membayangkan hasilnya… :(

You May Also Like

1 komentar

  1. Salam
    Saya pengen tau kelanjutan diagnosa anak nya mba.. soalnya saya punya kasus yg sama.. tlg disharing lagi dunk.. tq b4

    BalasHapus